cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK)
ISSN : 1441089X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan adalah media ilmiah yang independen bagi para Dosen dan Peneliti di bidang ilmu Akuntansi. Terbit tiga kali dalam setahun, pada bulan April, Agustus dan Desember. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian terapan bidang akuntansi dalam arti luas. Pedoman bagi penulis dicantumkan pada halaman Author jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 2 (2005): Jurnal Ilmiah Kesatuan" : 7 Documents clear
Kajian Market Targetting Dalam Strategi Penetapan Pasar Sasaran Terhadap Tingkat Penjualan Pada PT. Surya Pelita Pratama Supariyani, Emmy; Santoso, Suryadi
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 7, No 2 (2005): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penetapan pasar sasaran adalah memutuskan satu atau lebih segmen yang akan dimasuki oleh perusahaan, dengan strategi ini tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik tentunya melalui pembidikan sasaran yang tepat, dengan kata lain segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran, sehingga perusahaan mempunyai pasar yang jelas dan dapat memudahkan dalam memasarkan produknya. Hasil dari pengumpulan data yang berupa kuesioner tersebut penulisan melakukan analisa SWOT untuk mendapatkan nilai bobot dan rating. Berdasarkan dengan penelitian yang penulis lakukan, maka strategi yang dijalankan perusahaan sudah membuat perusahaan mampu bertahan dalam menjalankan usahanya, ini terlihat dari matriks IFE dan EFE dengan skor 2,623 dan 2,610 dimana skor tersebut menunjukan bahwa didalam matriks internal-eksternal berada pada posisi pertumbuhan/stabilitas yang terletak pada kuadran kelima. Selain melakukan analisa SWOT, penulis juga mengukur hubangan antara strategi penetapan pasar sasaran dengan penjualan terdapat hubungan linear yang cukup, sedangkan persamaan regresi linearnya adalah Y = 2,895 + 0,75 X.
Analisis Pelayanan Bagian Teller Studi Kasus Pada BRI Unit Kota Bogor Purba, Jan Horas Veriyadi; Munawar, Aang
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 7, No 2 (2005): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk meninjau serta mengetahui efektifitas yang dimiliki oleh bank dalam pelayanan pada teller untuk para nasabahnya sehingga dapat diketahui sampai sejauh mana pelayanan teller bank memberikan pengaruh serta respon pada nasabah sehingga menimbulkan kesan dimana nasabah akan memberikan kesan yang puas atau kesan tidak puas. Berdasarkan analisis yang dilakukan melalui pemberian angket atau kuesioner, menyatakan bahwa nilai r = 0,34 mendekati positif 1 (+1), maka hubungan antara variable X naik maka Y cukup kuat dan positif (apabila X naik maka maka Y naik), hal ini didapat hasil t hitung > t table (2,3995 > 1,9977) yang berarti kolerasi atau hubungan antara pelayanan pengangkutan dan tingkat kepuasan adalah signifikan. Keywords: Customer Service; Manajemen Bank.
Evaluasi Material Requirement Planning (MRP) Dalam Pengendalian Persediaan Bahan Buku Pardede, Robert Pius
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 7, No 2 (2005): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengevaluasi perencanaan dan pengendalian kebutuhan bahan buku pada PT. Indomilk khususnya dalam menetapkan persediaan bahan baku agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan melakukan perencanaan kebutuhan bahan baku sehingga perlu adanya evaluasi material requirement planning (MRP) dalam pengendalian persediaan bahan terhadap menu ham permintaan pasar. Hasil penelitian dengan mengevaluasi atas perencanaan kebutuhan bahan baku (material requirement planning) pada PT. Indomilk yaitu dengan melihat dari dua hal, yakni (a) efisien waktu dan (b) efisien produksi. Keywords: Material Equipment Planning; Pengendalian Persediaan.
Analisis Kelayakan Kredit Investasi Studi Kusus Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Bogor Rosadi, Riza; Suardy, Weman
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 7, No 2 (2005): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengukur dan meneliti apakah kredit yang diberikan layak bagi perusahaan maupun bagi pihak bank sendiri. Analisa yang dilakukan oleh seorang analisis berupa analisa kualitatif, analisa kuantitatif, analisa kebutuhan dan kelayakan kredit investasi. Hasil penelitian atas proyek yang diajukan oleh calon debitur ini, menghasilkan NPV positif sebesar Rp. 18.489. yang berarti pendapatan bersih yang akan diterima di masa yang akan dating jika dihitung nilai saat ini adalah sebesar Rp. 18.489. Atau dengan kata lain rupiah kelebihan present value cash inflow di atas present value initial investment adalah sebesar Rp. 18.489. Proyek ini menghasilkan benefit Cost Ratio sebesar 1,23 yang berarti setiap rupiah yang diinvestasikan akan memberikan tingkat pengembalian sebesar Rp. 1,23. IRR sebesar 36,74%, yang berarti mampu memebrikan margin yang lebih besar daripada rata-rata tingkat suku bunga yang berlaku. Keywords: Kredit Investasi; Manajemen Perkreditan
Analisis Alur Produk Terhadap Tingkat Pendistribusian Barang Internal Untuk Mendukung Kegiatan Pemasaran Puspitasari, Ratih; Hikmawati, Dewi
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 7, No 2 (2005): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis alur produk yang diterapkan di dalam mendistribusikan barang internal ke bagian konsumen (bagian produksi) sehingga dapat mengendalikan dan merencanakan barang-barang yang akan diproduksi sesuai dengan Plan Produksi dan PPIC (Plan Production & Inventory Control) guna menjamin bahwa material-material yang akan dikirim tepat waktu. Metode yang diterapkan oleh PT Honoris Industry adalah kanban, yaotu untuk memproduksi barang yang diperlukan, dalam jumlah yang diperlukan, pada setiap tahap proses dengan cara yang paling ekonomis. Dasar sistem produksi PT. Honoris Industry adalah secara mutlak untuk menghilangkan adanya pemborosan. Dua tiang yang diperlukan untuk dapat mendukung adanya sistem tersebut adalah a) just in time dan b) otonomasi, atau otomasi dengan sentuhan manusia Keywords: distribusi produk; manajemen pemasaran
Kajian Sikap dan Loyalitas Konsumen Tobing, Maju Lumban; Bawono, Sri
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 7, No 2 (2005): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap dan perilaku konsumen terhadap produk tersebut saat ini, bagaimana loyalitas konsumen setelah mengkonsumsi produk indomie, sejauh mana hubungan keeratan antra kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, seberapa besar pengaruh antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata konsumen merasa puas. Hasil yang terbentuk dari sikap konsumen adalah produk tersebut mudah didapat, konsumen menginginkan harga yang lebih murah, produk berkualitas, banyak pilihan/variasi serta mereknya terkenal. Sedangkan nilai perilaku konsumen diperoleh hasil yang positif dan dapat dinilai baik dengan skor nilai 63%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen yang puas dank omit terhadap suatu produk, menimbulkan konsekuensi tindakan dominan dan selalu memilih merek dalam hal ini indomie yang mampu memberikan kepuasan, bahkan ada pula yang menyarankan untuk meyakinkan orang lain dlaam mempergunakan produk yang sama. Keywords : Customer Service; Loyalitas Konsumen
Analisis Pelayanan Hotel terhadap Kepuasan Tamu Morita, Morita; Surya Manurung, Tarida Marlin
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 7, No 2 (2005): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana bentuk pelayanan hotel dan pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan pengguna jasa hotel serta hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi oleh hotel dalam memberikan pelayanan guna mencapai tingkat kepuasan konsumen. Dari hasil hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung > t table yang artinya antara pelayanan hotel (variable x) dengan tingkat kepuasan pelanggan (variable y) saling mempengaruhi. Didapatkan hasil regresi sebesar y=24,46+0,60X artinya jika nilai x bertambah, maka nilai y akan bertambah sebesar 0,60 kali. Koefisien korelasi sebesar 0,598 menunjukan bahwa variable x dan variable y cukup kuat dan positif (mendekati r=+1) hal ini membuktikan bahwa peningkatan pelayanan akan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 35,76% artinya pelayanan hotel memberikan kontribusi sebesar 35,76% terhadap tingkat kepuasan pelanggan sedangkan sisanya sebesar 64,24% meurpakan kontribusi factor-faktor lainnya. Keywords: manajemen pemasaran; pelayanan pelanggan

Page 1 of 1 | Total Record : 7